Ilmu Pengetahuan Berkembang, Kurikulum Turut Lakukan Pergantian

Ilmu Pengetahuan Berkembang, Kurikulum Turut Lakukan Pergantian

Ilmu Pengetahuan Berkembang, Kurikulum Turut Lakukan Pergantian

Ilmu Pengetahuan Berkembang, Kurikulum Turut Lakukan Pergantian

Pergantian kurikulum merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan

karena ilmu pengetahuan terus berkembang, begitupun sistem yang mengaturnya. Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Muhamad Jusuf Kalla menyampaikan hal tersebut pada Seminar Nasional “Format Pendidikan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa” di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (4/5/2019) seperti dilansir dari

Wapres mengatakan, setiap ada pergantian menteri pendidikan disertai pergantian kurikulum pendidikan, banyak yang menanggapi sinis. Padahal, itu untuk menyesuaikan perkembangan. “Sistem atau kurikulum pendidikan yang diajarkan guru atau tenaga pendidik itu telah sesuai dengan kebutuhan yang wajib dikuasai anak didik untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Apa yang dihasilkan siswa saat SMA atau pendidikan yang hari ini diajarkan,

lanjutnya, baru akan dia praktikkan 5 sampai 10 tahun ke depan. Jika kurikulum pendidikan yang sudah disesuaikan tidak diajarkan, kemungkinan ilmu yang berkembang pada masa depan akan stagnan, begitu juga negara.

“Selain kurikulum yang harus disesuaikan dengan perkembangan, sarana dan prasarana pendidikan juga sangat penting. Sehingga, tempat pendidikan maupun pemerintah dituntut mengupayakan meningkat sarana dan prasarananya,” tambahnya.

Wapres menjelaskan, peresmian Gedung Pascasarjana UNY ini merupakan

bagian dalam meningkatkan sarana pendidikan di Indonesia. Tidak banyak negara yang memberikan anggaran 20% untuk bidang pendidikan seperti Indonesia.

“Ini dapat diartikan bahwa anggaran pendidikan akan terus naik, sarana pendidikan pun pasti dan selalu akan lebih baik. Kalau masih ada sekolah yang belum baik maka harus menjadi perhatian kita semua,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, pembangunan pendidikan di Indonesia harus berbasis masa depan. Jika tidak, pendidikan itu akan menjadi museum. Adapun perbedaan yang jelas antara perguruan tinggi sebagai lembaga tinggi, tetap menjadi sarana untuk mempelajari ilmu pengetahuan tetapi dengan orientasi yang berbeda.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/