ITB Student Enterpreneur Festival 2017 Berjalan Sukses

ITB Student Enterpreneur Festival 2017 Berjalan Sukses

ITB Student Enterpreneur Festival 2017 Berjalan Sukses

ITB Student Enterpreneur Festival 2017 Berjalan Sukses

Career Center Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengadakan event

tahunan berupa ITB Student Entrepreneur Festival 2017, yang digelar pada 25-26 November 2017 di Aula Timur, Kampus ITB, jalan Ganesa No. 10 Bandung

Acara yang melibatkan sekitar 44 stand dengan puluhan jenis produk wirausaha karya mahasiswa ini, menghadirkan beragam produk untuk kategori teknologi, makanan, fesyen, hingga jasa.

Kepala Career Center ITB, Dr. Eng. Bambang Setia Budi menuturkan, pihaknya selama ini membagi layanan Career Center menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk melayani mahasiswa dan lulusan ITB khususnya fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan atau magang, dan bagian kedua yaitu untuk melayani dan memfasilitasi mahasiswa ITB yang ingin berwirausaha.

Menjadi pekerja maupun berwirausaha, keduanya merupakan sebuah lingkup karir masa depan mereka setelah lulus.

Untuk itu, kami membantu, melayani, dan memfasilitasi agar mahasiswa maupun yang baru lulus dari ITB, bisa menjalani pilihan mereka bekerja secara profesional di bidangnya masing-masing atau berwirausaha yang bisa dilatih sejak mahasiswa,” ujar Bambang.

Menurutnya, berwirausaha di kalangan generasi muda menjadi sebuah pilihan yang bagus. Pasalnya, Indonesia memiliki fenomena yang umum dimana jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia jauh lebih kecil, jika dibandingkan dengan jumlah pelamar pekerjaan. Hal ini tidak terjadi di negara-negara lain.

Untuk itu, pihaknya menilai bahwa menjadi wirausahawan dinilai sangat penting dalam menekan angka pengangguran. Ia meyakini, mereka yang berpendidikan akan mendapatkan peluang lebih sukses dalam berwirausaha, ketimbang mereka yang tidak memiliki pendidikan sama sekali. Ia pun tidak menampik, jika ada yang ada sebagian dari wirausahawan dengan pendidikan yang low, bisa menjadi sukses. Karena dalam hal karir agar sukses, baik yang bekerja secara profesional maupun berwirausaha, itu juga pada akhirnya bergantung pada usaha, ketekunan, tahan banting dan sikap persistence.

Ini tentu menjadi hal yang berbeda. Namun mereka yang memiliki pendidikan tinggi

semestinya akan berpeluang lebih sukses dalam berwirausaha, ketimbang mereka yang tidak berpendidikan. Hal ini lantaran, mereka yang berpendidikan akan memiliki wawasan yang lebih luas, kecepatan belajar, kemampuan membaca peluang dan dengan pikiran yang lebih terbuka, yang semuanya perlu dilatih sejak mahasiswa” paparnya.

Setiap tahun, ITB menghasilkan sekitar 3000-an lulusan dan dalam riset Tracer Study dua tahun terakhir ada 7 persen tiap tahun dari jumlah tersebut memilih untuk menjadi seorang pengusaha. Angka ini relatif cukup besar. Yang berwirausaha sesuai dengan bidang ilmunya mencapai 4 persen. Bambang menyebutkan, untuk mendukung kenaikan angka tersebut, pihaknya pun terus mengoptimalkan pengguliran program pemberian hibah pada para start up ini dan scale up. Sejak 2010, ada sekitar 500 judul lebih proposal wirausaha yang didampingi. Jumlah tersebut semakin banyak tatkala dalam satu judul proposal usaha mahasiswa, terdapat lebih dari satu produk usaha saat usaha sudah dijalankan.

Sejak 2010, kami memiliki Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bekerjasama dengan Kemenristek Dikti, dalam pemberian hibah, workshop, dan training bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha. Lalu setelah 2016 hingga kini, kami membuat program tersendiri hibah internal untuk kegiatan itu dan menjalankan program terbaru Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dari kemenristek DIKTI” pungkasnya.

 

Baca Juga :