Jelang Puncak Hakteknas ke-24, Menristekdikti Pamer Teknologi Karya Anak Bangsa

Jelang Puncak Hakteknas ke-24, Menristekdikti Pamer Teknologi Karya Anak Bangsa

Jelang Puncak Hakteknas ke-24, Menristekdikti Pamer Teknologi Karya Anak Bangsa

BULELENG – Menjelang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

(Hakteknas) ke-24, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memamerkan banyak inovasi yang dihasilkan anak bangsa.

Di antaranya, mesin filterisasi air minum, TROLLS (Traktor Tangan berbasis Android), kursi roda otomatis dengan kendali smartphone berbasis Android, 20 Ponkod (alat bantu pemanjat kelapa), dan Bali Printer 3D 2 inTROLLS merupakan teknologi yang membuat petani tak lagi berpanas-panasan dan menguras tenaga untuk membajak sawah atau ladangnya dengan mesin traktor. Sebab traktor bisa dikendalikan secara remote melalui aplikasi yang diunduh di smartphone berbasis Android.

“Ada juga Kursi Roda Otomatis dengan kendali ponsel Android

dan Ponkod untuk alat bantu pemanjat Kelapa. Ponkod untuk menghindari kecelakaan kerja di sektor perkebunan, terutama kelapa. Kami juga punya Bali Printer 3D 2 in 1, Pupuk Hayati Plus (Biofarm), dan 2.400 bibit buah tropika (durian, lengkeng, alpukat),” sebut Menristekdikti.

Lebih lanjut dia menjelaskan, produk inovasi Air Siap Minum

merupakan produksi tenant dari inkubator bisnis teknologi UPN Veteran Jawa Timur, TROLLS oleh tenant dari inkubator STIKOM Bali, Kursi Roda Otomatis oleh tenant dari inkubator P3M –PPNS, Ponkod oleh tenant dari inkubator STMIK Primakara, serta Bali Printer 3D 2in1 tenant dari inkubator STIKI Indonesia.

 

Baca Juga :