Kasmarni Sebut PAUD Urgensi Dilakukan

Kasmarni Sebut PAUD Urgensi Dilakukan

Kasmarni Sebut PAUD Urgensi Dilakukan

Kasmarni Sebut PAUD Urgensi Dilakukan

Karena usia dini merupakan masa emas atau golden ages yang akan menjadi pondasi

bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak untuk fase selanjutnya, maka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sangat urgensi dilakukan.

Ungkapan itu disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, saat membukaan Lomba Kreativitas Anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kabupaten Bengkalis, di Lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (3/5/2017).

Masih kata Kasmarni, anak adalah awal mata rantai yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa di masa depan untuk mewujudkan generasi muda yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa.

“Sejak dini seorang anak perlu diberikan bekal keterampilan, keimanan, kepribadian,

kecerdasan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani, agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang kreatif, berbudi luhur, bersusila, cerdas, dan bertakwa kepada Allah,” jelas Kasmarni.

Lebih lanjut, Istri Bupati Bengkalis ini mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini, sebagaimana Lomba Kreativitas Anak-anak TK se-Kabupaten Bengkalis yang diselenggarakan. Hal ini merupakan salah satu dongkrak untuk perkembangan motorik anak dalam mengekspresikan serta menghasilkan sesuatu yang baru.

“Ajang kreatifitas ini, merupakan salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan segala potensi yang ada pada diri anak, sekaligus untuk melihat anak-anak usia dini beraktivitas secara kompetitif dengan teman sebaya, bergembira, bermain dan ceria bersama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kasmarni juga mengajak kepada orang tua untuk mendidik anak-anak

dengan penuh kasih sayang, memahami kondisi anak baik secara psikologis, emosional dan sosialnya memberikan stimulus agar kreativitas anak tumbuh dan berkembang.

“Sehingga mereka memiliki kesiapan yang tangguh untuk berkompetisi. Apalagi usia dini merupakan masa yang sangat peka atau sensitif dalam mencari stimulus terhadap perkembangan anak di masa akan datang,” sebut Kasmarni.

 

Baca Juga :