Kepsek Wajib Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kepsek Wajib Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kepsek Wajib Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kepsek Wajib Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Dinas Pendi­dikan (Disdik) Kota Bogor mengum­pulkan sejumlah kepala sekolah

(kepsek) se-Kota Bogor di SDN Sin­dangsari, Kelurahan Tanahbaru, Kecamatan Bogor Utara, belum lama ini.

Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, mengatakan, kegiatan ini untuk mengingatkan mereka bahwa tang­gung jawab dan maju mundurnya pendidikan, khususnya di Kota Bo­gor, tak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah, tapi juga me­libatkan semua pihak, termasuk stakeholder pendidikan baik dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardware (pe­serta didik, guru, orang tua, pemerin­tah, lingkungan, infrastruktur pen­didikan dan keluarga).

Untuk itu, Fahrudin meminta kep­sek bisa meningkatkan kualitas pen­didikan di sekolahnya.

Sebab, seba­gai pimpinan tertinggi di sekolah, mereka memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. “Keber­hasilan kepala sekolah dalam me­ningkatkan kualitas pendidikan tak terlepas dari kompetensi dan ke­mampuan yang dimiliki,” ujarnya.

Untuk bisa menjalankan tugas se­cara profesional, sambung dia, maka diperlukan berbagai upaya aga

r kepala sekolah sebagai super­visor guru dapat melakukan upaya peningkatan kinerja guru. Sehingga akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

“Dengan supervisi akademik guru yang dimilikinya, pasti akan bisa membimbing dalam membuat pe­rencanaan pembelajaran, skenario pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran serta diobservasi da­lam proses pembelajaran. Sehingga kinerja guru akan meningkat dengan menghasilkan pembelajaran ber­kualitas,” ujarnya

 

Baca Juga :