Pengertian Goodwill Dalam Akuntansi DanContohnya

Pengertian Goodwill Dalam Akuntansi DanContohnya

Pengertian Goodwill Dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Pengertian Goodwill Dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Pengertian Goodwill

Goodwill merupakan bagian dari aktiva dalam neraca, yang mencerminkan kelebihan pembayaran atas aktiva yang dibutuhkan perusahaan dibandingkan dengan nilai pasar. Atau aktiva tak berwujud yang merepresentasikan jumlah yang lebih besar dari nilai buku yang dibayar oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan perusahaan lain.

Secara teoritis, merupakan nilai sekarang dari kelebihan laba suatu perusahaan pada masa yang akan datang dalam suatu industri. Nilainya sama dengan harga pembelian dikurangi nilai buku dari aktiva neto perusahaan yang diinginkan dikurangi jumlah aktiva-aktiva perusahaan yang diinginkan yang bisa didepresiasikan, yang ditambahkan ke nilai pasar wajar. Nilai pasar yang wajar akan sama dengan harga pembelian.

Goodeill Negatif

Goodwill negatif merupakan selisih lebih antara bagian pengakuisisi atas nilai wajar aktiva bersih dan biaya perolehan anak perusahaan yang diakuisisi.

Contoh Goodwill

Ada Perusahaan Z ingin membeli perusahaan A untuk ekspansi usahanya, perusahaan A memiliki total Aset senilai Rp 10.000, total Liabilitas: Rp 3500 dan total Equity Rp 6500. perusahaan A jual mahal terhadap perusahaan Z karena tau posisi mereka strategis buat perusahaan Z, setelah negosiasi yang cukup melelahkan, akhirnya perusahaan A mau di beli oleh perusahaan Z dengan harga Rp 8500, dan deal.