Perbedaan Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A1, Haruskah Upgrade?

Perbedaan Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A1, Haruskah Upgrade?

Perbedaan Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A1, Haruskah Upgrade?

 

Perbedaan Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A1, Haruskah Upgrade
Perbedaan Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A1, Haruskah Upgrade

Xiaomi baru saja merilis smartphone anyar yang

membawa tampilan antarmuka Android One. Pertama kali diperkenalkan di Madrid, Spanyol, 27 Juli lalu, rencananya Xiaomi akan menghadirkan seri Mi A2 ini ke pasar Indonesia.

Jika kalian adalah pengguna smartphone Xiaomi generasi sebelumnya, khususnya Mi A1 dan berencana upgrade, melalui artikel ini kami akan memberikan beberapa ulasan perbedaan antara Xiaomi Mi A1 dan Mi A2.
Prosesor

Xiaomi melakukan upgrade besar di sektor prosesor Mi A2. Jika seri sebelumnya menggunakan Snapdragon 625, Xiaomi Mi A2 hadir dengan Snapdragon 660. Prosesor ini punya delapan inti dengan konfigurasi 4x 2,2 GHz + 4x 1,8 GHz yang dipadu dengan GPU Adreno 512.

Untuk RAM dan memori internalnya sendiri

ada tiga pilihan, yaitu konfigurasi 4 GB+ 32 GB, 4 GB+64 GB dan 6 GB+128 GB. Satu yang disayangan adalah tidak adanya slot microSD di Xiaomi Mi A2.
Layar

Selain prosesor, layar milik Xiaomi Mi A2 juga sedikit lebih lebar dibanding Mi A1. Xiaomi Mi A2 punya layar 5,99 inci 18:9 dengan resolusi FHD+ 1.080 x 2.160 piksel. Dukungan layar yang luas tentu membuat bezelnya jadi terlihat lebih tipis.

Secara keseluruhan, Mi A2 memang terlihat lebih trendi dibanding Mi A1. Selain itu tata letak sensor fingerprint-nya pun berpindah jadi di belakang. Sedangkan untuk panel layarnya sediri masih sama-sama IPS.
Baca Juga: 4 Hal yang Kalian Harus Tahu Mengenai Xiaomi Mi A2
Kamera

Xiaomi Mi A2 masih mengadopsi modul dual-camera di belakang dan satu kamera di depan. Hanya saja resolusinya sedikit lebih tinggi. Lensa utamanya 12 MP aperture f/1.8 + lensa sekunder 20 MP aperture f/1.8. Lalu resolusi kamera depannya juga meningkat. Jika sebelumnya pakai 5 MP, sekarang kamera selfie-nya punya resolusi 20 MP aperture f/2.2.

Kamera Mi A2 diklaim juga sudah dilengkapi dengan kemampuan artificial intelligence atau AI yang bisa memberikan konfigurasi kamera lebih optimal tanpa perlu melakukan pengaturan manual lagi.
Sistem operasi

Karena berbasis Android One,

tentu sistem operasi yang digunakan di Mi A2 sudah yang paling baru, Android 8.1 Oreo. Namun untuk pengguna Mi A1 tidak perlu khawatir soal update OS, karena sama-sama Android One, Google tetap akan memberikan dukungan soal pembaruan, paling tidak hingga tiga tahun ke depan. Jadi untuk sisi OS, keduanya bakal sama-sama mendapat perhatian khusus dari Google.
Harga

Untuk harganya, Xiaomi Mi A1 pertama kali diperkenalkan di India seharga 14.999 Rupee atau sekitar Rp3,1 jutaan. Saat ini Mi A1 bisa dibeli hanya dengan Rp2,4 juta. Sedangkan untuk Xiaomi Mi A2 yang meluncur di Madrid dijual mulai 249 Euro atau sekitar Rp4,2 juta. Belum diketahui berapa nantinya harga yang akan dipatok untuk pasar Indonesia.

Baca juga :