Pramuka Jadi Pelopor Kesehatan

Pramuka Jadi Pelopor Kesehatan

Pramuka Jadi Pelopor Kesehatan

Pramuka Jadi Pelopor Kesehatan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melantik sejum­lah pengurus Saka Bakti Husada ting­kat Kota Bogor di gedung SMK Analis Kimia Nusa Bangsa Bogor pada Sa­btu (20/10). Pelantikan ini bertujuan untuk meningkatkan Gerakan Masy­arakat Hidup Sehat (Germas).

Selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, Ade Sarip Hi­dayat melantik beberapa pengurus Sakti Bakti Husada tingkat Kota Bogor. Di antaranya seperti Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Ru­baeah dan pimpinan Saka Bakti Hu­sada Tingkat Kota Bogor Erna Nur­lena beserta para anggota.

Menurut Rubaeah, Saka Bakti Hu­sada merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang dijadikan

seba­gai wadah pembinaan dan peng­embangan Pramuka Penegak dan Pandega dalam menyalurkan minat dan bakat di bidang kesehatan. Tak hanya sebagai wadah, Saka Bakti Hu­sada juga dibentuk dengan tujuan melahirkan kader kesehatan yang handal dan menyentuh ke masyarakat. ”Saka Bakti Husada berhubungan erat dalam pembangunan kesehatan di masyarakat demi mewujudkan de­rajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya,” katanya.

Rubaeah menuturkan, prioritas Kese­hatan Nasional saat ini antara lain Ger­mas, pencegahan stunting, TBC, pe­ningkatan imunisasi dan isi piringku. Pihaknya akan melibatkan 120 ang­gota pramuka Saka Bakti Husada untuk diberdayakan demi terwujudnya program prioritas nasional sekaligus mendukung visi misi Dinkes Kota Bogor. ”Maka dari itu, kami adakan Perkemahan Sa­btu Minggu (Persami) untuk anggota Pandega Saka Bakti Husada agar kader pramuka ini mau dan mampu hidup sehat untuk ditularkan ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ade Sarip Hidayat mengatakan, Saka Bakti Husada mer­upakan satu dari tiga saka

yang paling aktif di Kota Bogor, selain dari Saka Bhayangkara dan Saka Wirakartika. Pelantikan ini jangan hanya dianggap sebagai seremonial, tapi harus dimak­nai, yakni berjanji melaksanakan perintah Allah, membantu pelaks­anaan kesehatan ke masyarakat dan mematuhi Dasa Dharma Pramuka.

”Kota yang kita cintai ini punya mim­pi menjadi kota sehat dan makmur

, yakni sikap dan perilaku masyarakat harus sehat, pembangunan infrastruk­tur yang juga harus mendukung kese­hatan. Hal ini tak mungkin bisa wujud jika hanya dari pegawai dinkes, tapi harus bergandengan tangan dengan masyarakat,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://voi.co.id/