Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Setiap makhluk hidup akan mereproduksi untuk kelangsungan jenisnya. juga dengan manusia, direproduksi untuk bertahan hidup. pertambahan jumlah orang melalui proses reproduksi. Agar proses reproduksi dapat berlangsung juga didukung oleh struktur organ reproduksi dan proses fisiologis sempurna. Apa yang terjadi jika struktur organ reproduksi tidak sempurna? Apa yang terjadi jika proses fisiologis tidak sempurna?

Dalam hal ini Anda akan mempelajari struktur reproduksi manusia dan gangguan yang dapat terjadi. Ikuti kegiatan investigasi berikut untuk melihat upaya manusia menjaga kesehatan reproduksi dan perawatan balita ada di sekitar Anda.

Sistem Reproduksi Pada Pria

Sistem peternakan (reproduksi) pria terdiri dari organ luar yang terdiri dari penis dan skrotum.

Penis berfungsi sebagai pembibitan dan organ kemih. Selain ada penis yang disebut kantung skrotum di mana ada testis. Selama pubertas, kedua testis mulai memproduksi sperma, sel-sel kelamin laki-laki. Sperma memiliki struktur sebagai sel tunggal terdiri dari kepala dan ekor. Berfungsi untuk memindahkan ekor sperma, sedangkan kepala sperma mengandung informasi genetik. Skrotum juga berfungsi untuk membantu untuk mengatur produksi sesuai suhu sperma.

Beberapa organ lain juga membantu dalam reproduksi yaitu untuk transportasi dan penyimpanan sperma di dalam tubuh. Setelah sperma yang dihasilkan dari testis, akan ditampung dalam epididimis. Selanjutnya diangkut melalui saluran mengelilingi kandung kemih. di sisi kandung kemih ada kelenjar yang disebut Kelenjar mani, di mana campuran sperma dengan cairan yang membantu sperma bergerak. campuran antara Sperma dan cairan yang disebut semen. cuti semen tubuh melalui uretra, yang merupakan garis yang sama untuk mengalirkan urin keluar dari tubuh. Namun, antara semen dan urin tidak pernah dicampur. otot berada di belakang kandung kemih berkontraksi untuk mencegah urin dari uretra saat sperma dikeluarkan tubuh.

Ipa biologi kelas 9 sistem reproduksi pada manusia pria dan wanita

Sistem Reproduksi Pada Wanita

Saat seorang wanita memasuki masa pubertas, sel telur mulai tumbuh pada organ seksual wanita, yaitu sepasang ovarium.

Tidak seperti pria, organ reproduksi wanita yang organ intimnya, berada di tubuh Ovarium terletak di bagian bawah rongga tubuh. Kira-kira setiap bulan ovarium menghasilkan telur yang matang. Proses ini disebut ovulasi. Kedua ovarium menghasilkan telur pada setiap bulan.

Telur yang dihasilkan ke dalam tuba falopi. Jika dibuahi oleh sperma (pria), sel telur akan tetap berada di saluran telur. Bergetar di saluran telur membantu telur bergerak menuju uterus (rahim). Rahim juga memiliki struktur berongga, yang berbentuk seperti air buah jambu biji, dan diisi dengan organ berotot.

Dinding bisa menebal ketika di dalam telur dibuahi atau zigot tumbuh dan berkembang. Bagian bawah dari rahim yang berhubungan dengan luar tubuh melalui kehadiran tabung berotot yang disebut vagina. Vagina juga disebut jalan lahir, karena sebagai bagian dari bayi saat lahir. menunjukkan struktur organ reproduksi wanita!

Sumber : https://icanhasmotivation.com/