Inilah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018

Inilah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018

Inilah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018

Inilah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018

Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM)

masuk daftar peringkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik versi Kemenristekdikti tahun 2018. UB menempati urutan ke-12 dan UM ke-14.

Rektor UM Prof. Dr. AH Rofi’uddin MPd mengatakan, prestasi tersebut didapatkan atas kerjasama semua civitas akademisi UM. Baik dari kalangan karyawan, dosen dan mahasiswa. ”Apa yang kami dapatkan itu, berkat kerjasama semua pihak di UM,” kata guru besar Fakultas Sastra itu.

Perlu diketahui, ada beberapa poin yang masuk dalam penilaian Kemenristekdikti tersebut. Di antaranya, kualitas SDM (sumber daya manusia), kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan mahasiswa, kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat dan kualitas inovasi.

Sedangkan klaster I berjumlah 14 perguruan tinggi, klaster II berjumlah 72 perguruan tinggi,

klaster III berjumlah 299 perguruan tinggi, klaster IV berjumlah 1.470 perguruan tinggi dan klaster V berjumlah 155 perguruan tinggi.

Rofi’uddin menambahkan, ada beberapa hal yang dilakuk

an sehingga meraih prestasi tersebut. Di antaranya, peningkatan kualitas SDM, prestasi mahasiswa dan peningkatan kualitas input mahasiswa.

”Tiap tahun, kami selalu berperan aktif untuk menjaring maba (mahasiswa baru) berprestasi di berbagai bidang,” imbuhnya.

Tak hanya itu, masih kata dia, tahun ini juga ada dua mahasiswa UM yang berlaga

di Asian Games Jakarta-Palembang. Semuanya dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM. ” Mudah-mudahan bisa kasih yang terbaik untuk Indonesia,” terang mantan WR II UM ini.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga terus menggalakkan riset di kalangan dosen dan mahasiswa. Bahkan, hibah riset UM tahun ini mencapai sekitar Rp 40 miliar. ”Di bidang riset kami juga terus mendorong dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag Kearsipan dan Humas UB Kotok Guritno mengatakan, pihaknya juga terus mendorong dosen untuk melanjutkan studi. Baik studi di dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di kalangan dosen. ”Kami juga terus dorong para dosen muda untuk melanjutkan studi,” ujar pria asal Pare, Kediri ini.

Tak hanya itu, masih kata dia, mahasiswanya juga sering menjuarai lomba di tingkat nasional dan internasional. Bahkan, dalam beberapa edisi Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), UB juga menjadi juara umum. ”Prestasi mahasiswa juga terus kami tingkatkan,” ungkapnya.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas SDM dan prestasi mahasiswa. Sehingga, prestasi UB bisa terus meningkat dari tahun sebelumnya. ”Ke depan, peningkatan SDM dan prestasi akan jadi prioritas kami,” tandas pria yang tinggal di Malang sejak tahun 1983 ini

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/